Klik Dapet Duit

Jumat, 29 Januari 2010

Bahaya Plastik



Hay sobat,mau tahu informasi menarik gak? Kalau mau,baca artikel di bawah ini yea…!!!


Kebanyakan dari kita,bungkus makanan kita anggap sebagai pelindung makanan. Tapi apakah itu benar? Sebetulnya tidak tepat begitu, tergantung jenis bahan kemasan.Kemasan pada makanan mempunyai fungsi kesehatan, pengawetan, kemudahan, penyeragaman, promosi, dan informasi.
Berikut ini uraian tentang plastik dan resikonya.
1. Plastik
Jenis plastik sendiri beraneka ragam. Mau tahu? Ini dia jenisnya:
1) Polyethylene,
2) Polypropylen
3)Poly Vinyl Chlorida (PVC), 

4)Vinylidene Chloride Resin.
 Wahhh,susah yea namanya? Tapi ga’ papa,sesekali dapat ilmu luar,hehehe… oke kita lanjutkan.

Secara umum plastik tersusun dari polimer yaitu rantai panjang dan satuan-satuan yang lebih kecil yang disebut monomer. Polimer ini dapat masuk dalam tubuh manusia karena bersifat tidak larut, sehingga bila terjadi akumulasi dalam tubuh akan menyebabkan kanker,hmmm... Bila makanan dibungkus dengan plastik, monomer-monomer ini dapat berpindah ke dalam makanan, dan selanjutnya berpindah ke tubuh orang yang mengkonsumsinya. Bahan-bahan kimia yang telah masuk ke dalam tubuh ini tidak larut dalam air sehingga tidak dapat dibuang keluar, baik melalui urin maupun feses (kotoran). Wahhhh,berarti bahaya donk….

Selanjutnya,yang relatif lebih aman digunakan untuk makanan adalah Polyethylene yang tampak bening, dan Polypropylen yang lebih lembut dan agak tebal. Poly Vinyl Chlorida (PVC) biasanya dipakai untuk pembungkus permen, pelapis kertas nasi dan bahan penutup karena amat tipis dan transparan. Sedangkan Vinylidene Chloride Resin dan Poly Vinyl Chlorida (PVC) bila digunakan mengemas bahan yang panas akan tercemar dioksin, suatu racun yang sangat berbahaya bagi manusia.

Nah,sekarang teman-teman sudah paham khan tentang bahaya plastic? Kalau belum,beri komentar yeaccchhh!!!!! Oya,tunggu bahaya-bahaya lainnya,ok!!!

Tidak ada komentar: